Sayur Brokoli (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli merupahkan salah satu sayuran yang paling bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi yang lengkap yakni, energi, protein, lemak, karbonhidrat, kalsium, vitamin A, B1, B2, dan Vitamin C, fosfor, serat, besi daan niansin.

Berbagai penelitinan menunjukkan,  kandungan gizi brokoli sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Brokoli juga dikenal sebagai sayuran yang mempunyai khasiat untuk penderita penyakit maag.

Dalam suatu penelitian di Jepang, para ahli mendapati bahwa dengan mengkonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari dalam kurun waktu dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait dengan penyakit maag, infeksi lambung, dan bahkan kanker perut.

Sulforaphane yang ada di dalam brokoli juga diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim jenis ini mampu menggandeng bahan- bahan karsinogen yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel.

Kandungan Sulforaphane yang ada di dalam brokoli ini mampu memicu enzim dalam perut, sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal bebas yang dapat merusak DNA dan juga menyebabkan peradangan.

Selain untuk penyakit maag, brokoli juga dapat mengobati gangguan- gangguan pada lambung lainnya.

Berdasarkan penelitian terbaru yang lebih spesifik, menyatakan bahwa brokoli ini menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan yang paling berbahaya adalah kanker perut.

Cara memilih brokoli yang baik untuk dikonsumsi

Sebenarnya semua brokoli baik untuk dikonsumsi, namun ada brokoli yang paling baik untuk dikonsumsi, yakni brokoli yang berwarna hijau gelap dan bertekstur jelas kasar.

BACA JUGA :  Benarkah Penderita Gangguan Asam Lambung Tidak Boleh Mengkonsumsi Coklat?

Brokoli bisa dikonsumsi dengan cara yang bermacam-macam. Bila kita termasuk orang yang menyukai makanan yang segar, maka kita bisa memakan brokoli secara langsung atau dengan mencamprkannya dengan sayuran lain sebagai lalapan, atau juga bisa menjadikannya salad. Namun bila kita tidak menyukai brokoli yang masih mentah, kita juga bisa menikmatinya dalam bentuk jus yang segar.

Selamat mencoba.

Sumber : rayapos.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *