@Rayapos | Jakarta – Keluhan nyeri uluhati atau kerap disebut dengan maag sering datang tiba-tiba. Nyeri ulu hati yang tidak cepat ditangani dengan baik, akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak hal yang memicu terjadinya nyeri uluhati. Beberapa diantaranya adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi dan kebiasaan buruk saat makan dan kegemukan.

Dengan mengetahui faktor penyebab tersebut dan berupaya untuk mengatasinya maka keluhan nyeri ulu hati bisa dicegah dan diatasi dengan baik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya nyeri uluhati:

1.Jangan berbaring setelah makan

Kebanyakan yang mengeluh nyeri uluhati adalah mereka yang langsung berbaring atau rebahan setelah makan. Setelah makan, lambung disibukan dengan aktivitas mencerna makanan dan saat itu asam lambung sedang banyak banyaknya. Bila saat proses mencerna ini seseorang rebahan maka asam lambung bisa mengalir ke kerongkongan sehingga mengiritasi kerongkongan dan menimbulkan keluhan nyeri uluhati.

2.Jangan makan terlalu banyak

Saat ini, mengatur porsi makan menjadi masalah bagi sebagian orang. Padalah pengaturan porsi makan menjadi sangat penting dalam mencegah berbagai masalah kesehatan termasuk nyeri uluhati. Makan terlalu banyak menyebabkan tekanan pada lambung meningkat sehingga asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan nyeri uluhati.

3. Hindari makanan berlemak

Jika selama ini kamu kerap mengeluh nyeri uluhati maka sebaiknya kamu mulai mengurangi konsumsi makanan berlemak karena makanan berlemak menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Cobalah untuk mengganti makanan berlemak tersebut dengan sayur sayuran yang sifatnya alkasi atau basa.

4. Hindari makanan pedas

Meskipun makanan pedas bermanfaat sebagai anti-inflamasi alami, makanan ini juga dapat menyebabkan nyeri uluhati. Cobalah untuk mengurangi makanan pedas bila kamu kerap mengeluh nyeri uluhati.

BACA JUGA :  Manfaat Brokoli untuk Penderita Maag

5. Hindari minuman beralkohol

Alkohol menyebabkan otot-otot di sekitar kerongkongan relakasasi termasuk otot-otot di ujung kerongkongan yang berhubungan dengan lambung. Relaksasinya otot- otot ini menyebabkan asam lambung mudah naik ke kerongkongan. Hindari minuman beralkohol bila kamu kerap mengeluh nyeri ulu hati.

Penulis : Rien Limaswari

Sumber : https://www.rayapos.com/cegah-nyeri-ulu-hati-cara/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *